SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (satu)/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI-3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan
percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah
|
-
Membiasakan
peserta didik untuk jujur dan percaya diri
|
Afektif:
-
Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
-
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya
diri .
|
-
Pengamatan
-
Penilaian diri
-
Penilaian antar teman
-
Jurnal
|
16
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kelas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda di lingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-
Internet/VCD
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
|
- Memberi motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya
diri
|
||||
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
baik
secara lisan maupun tertulis
|
- Bacaan tentang topik
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة
- Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المبتدأ (ضمائر مفردة)؛ إشارة مفردة + الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة
|
Mengamati :
- Menyimak dan menirukan
pengucapan ujaran dengan tepat
- Mendengarkan kata-kata
yang mirip pengucapannya
- Menyimak wacana sambil
memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
- Mencocokkan gambar dengan
apa yang didengar.
-
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
- Melakukan tanya jawab
sederhana tentang tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil
madrasah
- Menjawab pertanyaan dalam
wacana sederhana secara tertulis/lisan.
- Menjawab pertanyaan lisan
yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil
‘amiliina fil madrasah
- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami
kepada teman atau guru sesuai tema/topik
at-ta’rif binnafsi wa bil
‘amiliina fil madrasah
secara lisan.
Mengeksplorasi:
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan
yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-
Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’
(dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad);
ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
-
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah;
dhamir mufrad muttashil.
Mengasosiasikan:
-
Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar
terkait topik at-ta’rif binnafsi wa bil
‘amiliina fil madrasah
-
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
-
Menemukan makna kata dalam teks
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
-
Mengungkapkan perintah dan berita
-
Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik
at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah secara lisan atau tulisan.
-
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’
dan khabar
-
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil
madrasah dan sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad);
ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.
-
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
-
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina
fil madrasah
|
- Bentuk Penilaian
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
||
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana
tentang topik
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
dengan
memperhatikan struktur teks dan
|
- Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
|
-
Motifasi
untuk berbicara bahasa Arab
|
Afektif:
-
Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
-
Guru menanamkan sikap rajin, disiplin,
dan tanggungjawab.
|
-
Pengamatan
-
Penilaian diri
-
Penilaian antar teman
-
Jurnal
|
16
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa Arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-
Internet/VCD
|
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
-
Penanaman
sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab
|
||||
3.2 Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
|
-
Bacaan
tentang topik
المرافق والأدوات المدرسية
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المبتدأ
(ضمائر مفردة)؛ إشارة مفردة + الخبر
(الصفة) و الجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة
|
Mengamati :
-
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
-
Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-
Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
-
Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik
al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
-
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan.
Mengeksplorasi:
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan
yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-
Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’
(dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad
muttashil.
-
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad);
ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
-
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah;
dhamir mufrad muttashil
Mengasosiasikan:
-
Membandingkan
antara kalimat mubtada’
dan khabar terkait topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait tema/topik al-maraafiq wal
adawaat al-madrasiyah
-
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
-
Menemukan makna kata dalam teks
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
-
Mengungkapkan perintah dan berita tentang tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-
Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai
tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan atau
tulisan.
-
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi
kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad);
ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah dan sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah;
dhamir mufrad muttashil
-
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-maraafiq
wal adawaat al-madrasiyah secara lisan maupun tulisan.
-
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
|
-
Bentuk Penilaian
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
||
4.2
Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan
dan merespon tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
dengan memerhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
- Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai
anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
-
Membiasakan
sikap amanah
|
Afektif:
-
Guru membiasakan sikap amanah
-
Guru memotifasi untuk berbicara menggunakan bahasa
arab
|
-
Pengamatan
-
Penilaian diri
-
Penilaian antar teman
-
Jurnal
|
16
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan peserta
didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai
tema/topik
-
Internet/VCD
|
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
-
Menumbuhkan
kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
|
||||
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari kata,
frase dan kalimat bahasa
Arab yang
berkaitan
dengan:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
|
-
Bacaan
tentang topic
الألوان
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المبتدأ (ضمائر مفردة)؛ إشارة
مفردة + الخبر
(الصفة) والألوان؛ الضمائر المفردة المتصلة
|
Mengamati :
-
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
-
Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-
Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya
-
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
-
Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik
al-alwan
-
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
-
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik al-alwan
-
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
sesuai tema/topik al-alwan secara lisan.
Mengeksplorasi:
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan
yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-
Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’
(dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad
muttashil
-
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad);
ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
-
Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang
menggunakan mubtada’ (dhamir mufrad);
ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil
Mengasosiasikan:
- Membandingkan antara kalimat mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata
sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil terkait tema/topik al-alwan
-
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
al-alwan
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik al-alwan
-
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
-
Menemukan makna kata dalam teks
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
-
Mengungkapkan perintah dan berita tentang al-alwan
-
Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai
tema/topik secara lisan atau tulisan.
-
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang
dpelajari.
-
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-alwan dan sesuai kaidah yang dipelajari.
-
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-alwan
secara lisan maupun tulisan.
-
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik al-alwan
|
- Bentuk Penilaian
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
||
4.3
Mempresentasikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
|
- Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
4.4
Mengungkapkan informasi secara tertulis
tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
dalam berbagai struktur bahasa sederhana
secara tepat
|
|||||
4.5
Menyusun teks sederhana tentang topik
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
dengan memerhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VII (Tujuh)
Semester :
2
(Dua)/Genap
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
KI-3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Proses Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan
percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah
|
-
Membiasakan
peserta didik untuk jujur dan percaya diri
|
Afektif:
-
Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
-
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya
diri .
|
-
Pengamatan
-
Penilaian diri
-
Penilaian antar teman
-
Jurnal
|
18
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-
Internet/VCD
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
|
-
Memberi
motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
|
||||
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frase dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
baik secara lisan
maupun tertulis
|
-
Bacaan
tentang topik
العنوان
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
الأرقام
1 - 100؛
|
Mengamati :
-
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
-
Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-
Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
-
Mengamati teks yang terdapat angka 1-100
Menanya:
-
Melakukan tanya
jawab sederhana tentang tema/topik tentang al-‘unwan
-
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
-
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik al-‘unwan
-
Menanyakan kata/angka 1-100 dan kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik al-‘unwan secara lisan.
Mengeksplorasi:
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan
yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-
Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ dan khabar dengan menggunakan angka 1-100
-
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ dan khabar dengan menggunakan angka 1-100
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
-
Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang
menggunakan angka 1-100
Mengasosiasikan:
- Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar
terkait topik al-‘unwan
-
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
al-‘unwan
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik al-‘unwan
-
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
-
Menemukan makna kata dalam teks yang menggunakan
angka 1-100
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan yang
menggunakan angka 1-100
Mengkomunikasikan:
-
Mengungkapkan perintah dan berita tentang al-‘unwan
-
Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai
tema/topik al-‘unwan secara lisan atau tulisan.
-
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan menggunakan angka 1-100
-
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik
al-‘unwan yang menggunakan angka 1-100
-
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
- Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik al-‘unwan
|
- Bentuk Penilaian
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
||
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
- Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
|
-
Motifasi
untuk berbicara bahasa Arab
|
Afektif:
-
Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
-
Guru menanamkan sikap rajin, disiplin dan
tanggungjawab.
|
-
Pengamatan
-
Penilaian diri
-
Penilaian antar teman
-
Jurnal
|
18
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-
Internet/VCD
|
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
-
Penanaman
sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab
|
||||
3.2 Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
|
-
Bacaan
tentang topik
بيتي
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
خبر
مقدم (الجهات، عند, اللام) + مبتدأ مؤخر
|
Mengamati :
-
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
-
Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-
Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah/khabar
muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
Menanya:
-
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik bayti
-
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
-
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik bayti
-
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada
teman atau guru tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) +
mubtada’ muakhkhar
Mengeksplorasi:
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan
yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-
Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah tentang
khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’
muakhkhar
-
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan)
+ mubtada’ muakhkhar
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
-
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah tentang
khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’
muakhkhar
Mengasosiasikan:
- Membandingkan antara kalimat tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar terkait topik bayti
-
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/ topik bayti
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait bayti
-
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
-
Menemukan makna kata dalam teks yang
menggunakan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan)
+ mubtada’ muakhkhar
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
yang menggunakan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan)
+ mubtada’ muakhkhar
Mengkomunikasikan:
-
Mengungkapkan perintah dan berita sesuai dengan topik bayti
-
Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai
tema/topik bayti secara lisan atau tulisan.
-
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi
kalimat sesuai dengan kaidah tentang khabar muqaddam
(arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
-
Menyusun karangan sederhana sesuai dengan
kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) +
mubtada’ muakhkhar
-
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
-
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik bayti
|
- Bentuk Penilaian
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
||
4.2
Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan
dan merespon tentang:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
dengan
memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
- Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai
anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
-
Membiasakan
sikap amanah
|
Afektif:
-
Guru membiasakan sikap amanah
-
Guru memotifasi untuk berbicara menggunakan bahasa Arab
|
-
Pengamatan
-
Penilaian diri
-
Penilaian antar teman
-
Jurnal
|
18
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-
Internet/VCD
|
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
-
Menumbuhkan
kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
|
||||
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari kata,
frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
|
-
Bacaan
tentang topik
من يوميات الأسرة
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع)
|
Mengamati :
-
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
-
Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-
Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-
Mengamati teks yang terdapat na’at mufrad; mubtada’
(mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
Menanya:
-
Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik min
yaumiyyat al-usrah
-
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
-
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah
-
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah secara lisan.
-
Menanyakan kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
yang terdapat na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
Mengeksplorasi:
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan
yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-
Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah na’at mufrad; mubtada’
(mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah na’at mufrad; mubtada’
(mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
-
Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang
menggunakan kaidah na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
Mengasosiasikan:
- Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar
terkait topik min yaumiyyat al-usrah
-
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/
min yaumiyyat al-usrah
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
-
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
-
Menemukan makna kata dalam teks yang
menggunakan na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun
tulisan.yang menggunakan na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar
(fi’il mudhari’)
Mengkomunikasikan:
-
Mengungkapkan perintah dan berita tentang tema/topik min yaumiyyat al-usrah
-
Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai
tema/topik min yaumiyyat al-usrah secara lisan atau
tulisan.
-
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan na’at mufrad; mubtada’
(mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah dan sesuai kaidah na’at mufrad; mubtada’
(mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik min
yaumiyyat al-usrah secara lisan maupun tulisan.
-
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah
|
- Bentuk Penilaian
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
||
4.3
Mempresentasikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
|
- Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
4.4
Mengungkapkan informasi secara tertulis
tentang:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana
secara tepat
|
|||||
4.5
Menyusun teks sederhana tentang topik
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
dengan memerhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar