Selasa, 20 Desember 2016

SILABUS K-13 BAHASA ARAB KELAS 7 MTs



SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran         : Bahasa Arab
Kelas                         : VII (Tujuh)
Semester                   : 1 (satu)/Ganjil

Kompetensi Inti    :
KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
-   Membiasakan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Afektif:
-   Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
-   Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .



-     Pengamatan
-     Penilaian diri
-     Penilaian antar teman
-     Jurnal

16 JP
-          Buku paket Bahasa Arab kelas VII Kurma 13.
-          Kamus bahasa arab
-          Benda-benda di lingkungan peserta didik yang terjangkau
-          Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-          Internet/VCD

2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
- Memberi motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
3.1      Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس
 وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

baik secara lisan maupun tertulis
- Bacaan tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
- Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المبتدأ (ضمائر مفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة
Mengamati :
-       Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
-       Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-       Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah

Menanya:
-       Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-       Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
-       Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-       Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah secara lisan.
 
Mengeksplorasi:
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-          Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-          Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
-          Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.
 
Mengasosiasikan:
-       Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-          Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
-          Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-          Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
-          Menemukan makna kata dalam teks
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
 
Mengkomunikasikan:
-          Mengungkapkan perintah dan berita
-          Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah  secara lisan atau tulisan.
-          Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ dan khabar
-          Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah  dan sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.
-          Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
-          Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah
- Bentuk Penilaian
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan

4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana
tentang topik
التعريف بالنفس
 وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
dengan memperhatikan struktur teks dan
- Bentuk Penilaian
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
-          Motifasi untuk berbicara bahasa Arab


Afektif:
-          Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
-          Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.


-     Pengamatan
-     Penilaian diri
-     Penilaian antar teman
-     Jurnal


16 JP
-          Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-          Kamus bahasa Arab
-          Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-          Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-          Internet/VCD

2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
-          Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab

3.2 Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس
 وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
      

-          Bacaan tentang topik
المرافق والأدوات المدرسية
-          Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المبتدأ (ضمائر مفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) و الجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة
Mengamati :
-       Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
-       Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-       Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah

Menanya:
-       Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-       Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
-       Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-       Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan.
                       
Mengeksplorasi:
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-          Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.
-          Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
-          Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah  mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
                                          
Mengasosiasikan:
-           Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-          Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait tema/topik  al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-          Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-          Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
-          Menemukan makna kata dalam teks
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
                           
Mengkomunikasikan:
-          Mengungkapkan perintah dan berita tentang tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
-          Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan atau tulisan.
-          Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-          Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah  dan  sesuai kaidah  mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
-          Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan maupun  tulisan.
-          Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah
- Bentuk Penilaian
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan

4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
     dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


- Bentuk Penilaian
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
-          Membiasakan sikap amanah
Afektif:
-          Guru membiasakan sikap amanah
-          Guru memotifasi untuk berbicara menggunakan bahasa arab



-     Pengamatan
-     Penilaian diri
-     Penilaian antar teman
-     Jurnal

16 JP
-          Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-          Kamus bahasa arab
-          Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-          Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-          Internet/VCD

2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
-          Menumbuhkan kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari kata,
     frase dan kalimat bahasa Arab yang
     berkaitan dengan:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-          Bacaan tentang topic
 الألوان


-          Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المبتدأ (ضمائر مفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والألوان؛ الضمائر المفردة المتصلة
Mengamati :
-       Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
-       Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya
-       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-       Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah

Menanya:
-       Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik al-alwan
-       Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
-       Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-alwan
-       Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik al-alwan secara lisan.
                       
Mengeksplorasi:
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-          Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil
-          Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
-          Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang menggunakan mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil 
Mengasosiasikan:
-       Membandingkan antara kalimat mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil  terkait tema/topik al-alwan
-          Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik al-alwan
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik al-alwan
-          Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-          Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
-          Menemukan makna kata dalam teks
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
                           
Mengkomunikasikan:
-          Mengungkapkan perintah dan berita tentang al-alwan
-          Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
-          Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
-          Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-alwan dan sesuai kaidah yang dipelajari.
-          Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-alwan  secara lisan maupun tulisan.
-          Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik al-alwan
- Bentuk Penilaian
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan

4.3 Mempresentasikan berbagai informasi lisan
     sederhana tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

- Bentuk Penilaian
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis
     tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
     dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
     dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas                           : VII (Tujuh)
Semester                     : 2 (Dua)/Genap

Kompetensi Inti         :
KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
-          Membiasakan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Afektif:
-          Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
-          Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .



-     Pengamatan
-     Penilaian diri
-     Penilaian antar teman
-     Jurnal

18 JP
-          Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-          Kamus bahasa arab
-          Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-          Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-          Internet/VCD

2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
-          Memberi motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
3.1 Mengidentifikasi       
       bunyi kata, frase dan
       kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
        baik secara lisan maupun tertulis
-          Bacaan tentang topik
العنوان
-          Pengenalan tarkib sebagai berikut:
الأرقام 1 - 100؛
Mengamati :
-       Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
-       Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-       Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
-       Mengamati teks yang terdapat angka 1-100

Menanya:
-       Melakukan  tanya jawab sederhana tentang tema/topik tentang al-‘unwan
-       Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
-       Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-‘unwan
-       Menanyakan  kata/angka 1-100 dan kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik al-‘unwan secara lisan.
                       
Mengeksplorasi:
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-          Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’  dan khabar dengan  menggunakan angka 1-100
-          Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ dan khabar dengan  menggunakan angka 1-100
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
-          Mencoba memahami dan  mengungkapkan kata yang menggunakan angka 1-100
                                          
Mengasosiasikan:
-       Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik al-‘unwan
-          Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik al-‘unwan
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik al-‘unwan
-          Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-          Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
-          Menemukan makna kata dalam teks yang menggunakan angka 1-100
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan yang menggunakan angka 1-100
                           
Mengkomunikasikan:
-          Mengungkapkan perintah dan berita tentang al-‘unwan
-          Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik al-‘unwan secara lisan atau tulisan.
-          Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan menggunakan angka 1-100
-          Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-‘unwan  yang menggunakan angka 1-100
-          Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
-     Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik al-‘unwan
- Bentuk Penilaian
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan

4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik:
العنوان؛ بيتي؛
 من يوميات الأسرة
     dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

- Bentuk Penilaian
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
-          Motifasi untuk berbicara bahasa Arab


Afektif:
-          Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
-          Guru menanamkan sikap rajin, disiplin dan tanggungjawab.


-     Pengamatan
-     Penilaian diri
-     Penilaian antar teman
-     Jurnal

18 JP
-          Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-          Kamus bahasa arab
-          Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-          Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-          Internet/VCD

2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
-          Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab

3.2 Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
 من يوميات الأسرة


-          Bacaan tentang topik
بيتي
-          Pengenalan tarkib sebagai berikut:
خبر مقدم (الجهات، عند, اللام) + مبتدأ مؤخر
Mengamati :
-       Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
-       Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-       Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah/khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar

Menanya:
-       Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik bayti
-       Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
-       Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik  bayti
-       Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
                       
Mengeksplorasi:
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-          Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
-          Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
-          Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
                                          
Mengasosiasikan:
-       Membandingkan antara kalimat tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar terkait topik bayti
-          Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/ topik  bayti
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait bayti
-          Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-          Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
-          Menemukan makna kata dalam teks yang menggunakan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan yang menggunakan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
                           
Mengkomunikasikan:
-          Mengungkapkan perintah dan berita sesuai dengan topik  bayti
-          Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik bayti secara lisan atau tulisan.
-          Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar
-          Menyusun karangan sederhana sesuai dengan kaidah tentang khabar muqaddam (arah, di sisi, milik/kepunyaan) + mubtada’ muakhkhar  
-          Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
-          Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik bayti
- Bentuk Penilaian
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan

4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
العنوان؛ بيتي؛
 من يوميات الأسرة
dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


- Bentuk Penilaian
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
-          Membiasakan sikap amanah
Afektif:
-          Guru membiasakan sikap amanah
-          Guru memotifasi untuk berbicara menggunakan bahasa Arab



-     Pengamatan
-     Penilaian diri
-     Penilaian antar teman
-     Jurnal

18 JP
-          Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-          Kamus bahasa arab
-          Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-          Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
-          Internet/VCD

2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
-          Menumbuhkan kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
 من يوميات الأسرة

-          Bacaan tentang topik
 من يوميات الأسرة


-          Pengenalan tarkib sebagai berikut:
النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)
Mengamati :
-       Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
-       Mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
-       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
-       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
-        Mengamati teks yang terdapat na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
Menanya:
-       Melakukan  tanya jawab sederhana tentang tema/topik min yaumiyyat al-usrah
-       Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
-       Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah
-       Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah secara lisan.
-       Menanyakan  kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru yang terdapat na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
                       
Mengeksplorasi:
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
-          Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah  na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-          Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-          Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
-          Mencoba memahami dan  mengungkapkan kata yang menggunakan kaidah  na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)    
Mengasosiasikan:
-       Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik min yaumiyyat al-usrah
-          Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/ min yaumiyyat al-usrah
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
-          Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
-          Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
-          Menemukan makna kata dalam teks yang menggunakan na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-          Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.yang menggunakan na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
                           
Mengkomunikasikan:
-          Mengungkapkan perintah dan berita tentang tema/topik min yaumiyyat al-usrah
-          Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah secara lisan atau tulisan.
-          Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-          Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah dan sesuai kaidah na’at mufrad; mubtada’ (mufrad/nahnu)+khabar (fi’il mudhari’)
-          Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah secara lisan maupun tulisan.
-          Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik min yaumiyyat al-usrah

- Bentuk Penilaian
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan

4.3 Mempresentasikan berbagai informasi lisan
     sederhana tentang:
العنوان؛ بيتي؛
 من يوميات الأسرة


- Bentuk Penilaian
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis
     tentang:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
     dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
     dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks




Tidak ada komentar:

Posting Komentar